Dzikir Khawjakan
Faidah al-Dars, Rabu malam 21/2/24
Oleh Khuwaydim Jalsah Dzikir Khawjakan
Rejeki tidak akan ke mana, semua makhluk telah termaktub rejekinya oleh Allah swt. Allah swt al-Razzaq adalah dzat yang memberi rejeki setiap makhluk. Namun demikian seseorang harus mencari rejekinya dengan menjalani pekerjaaan yang halal (الأخذ بالأسباب). Hal demikian termasuk perintah dan menjalankan perintahNya akan mendapatkan pahala.
Sidi M. Aunul 'Abid Syah menceritakan, saat beliau masih menuntut ilmu di al-Azhar fase Magister, beliau sempat berkunjung ke Syiria untuk safar tabarruk dan mencari ilmu ke Masyayikh Syria.
Di antara Masyayikh yg beliau temui adalah Syeikh Mahmud al-Ghurab, figur ulama wara' kelahiran Mesir yg menetap di Syiria karena alasan politik.
Syeikh Mahmud al-Ghurab bercerita bahwa beliau mempunyai seorang Guru yg bernama Syeikh Ahmad Harun al-Damasyq qs. Seorang Wali besar, salah satu pemegang wilayah al-Amin (wilayah al-Amin adalah wilayah kewalian di bawah Qutb al-Ghauth. Setiap wali yang menjadi Qutb al-Ghauth mempunyai dua Wakil, dua Wakil ini disebut al-Amin).
Walau Syeikh Ahmad Harun ini merupakan Wali dengan maqam yg tinggi dan memiliki kekeramatan (di antara kekeramatan beliau adalah pernah menanyai orang yg telah wafat layaknya mukjizat Nabi Isa as. agar wasiat si Mayyit tersampaikan, juga beliau pernah menghentikan banjir bandang). Namun demikian beliau adalah seorang al-Hajjar (tukang batu). Memberikan nafkah pada keluarga dan mendapatkan rejekinya beliau lalui dengan bersusah payah menjadi tukang batu (mencari batu besar di gunung, beliau pecahkan dan beliau bawa turun untuk dijual ke pasar).
Melihat susahnya pekerjaan sang Guru, murid beliau (yakni Syeikh Mahmud al-Ghurab) menyampaikan; "kenapa njenengan bersusah payah sedemikian ini? Padahal mudah bagi njenengan dengan kekeramatan yg njenengan miliki untuk memanggil bebatuan itu, atau sekedar menyentuh batu agar menjadi emas dst.?"
"Saya tahu rejekiku tdk ke mana, namun jika sy berdiam diri atau menggunakan kelebihan kekeramatan yg dianugerahkan pdku dg tidak bekerja, maka yg sy dapat hanya rejeki. Sedangkan org yg bekerja (الأخذ بالأسباب) yg didapat adalah rejeki dan pahala. Aku ingin mendapatkan keduanya" jawab Syeikh Ahmad Harun al-Damasyq qs.
Sidi M. Aunul 'Abid Syah menjelaskan, bahwa jawaban Syeikh Ahmad Harun relevan dg sabda (jawaban) baginda Nabi saw. (yakni; أفلا أكون عبدا شكورا) saat ditanya oleh Sidtina 'Aisyah ra. ttg kenapa baginda harus bersusah payah
beribadah hingga kaki bengkak padahal baginda sudah terjamin amalnya dan mempunyai kedudukan termulia di sisi Allah swt?.
Perkara ttg kedudukan kewalian Syeikh Ahmad Harun al-Damasyq, Sidi M Aunul 'Abid Syah dg merasa sedikit su'ul adab sbb rasa keinginan tahuan sempat bertanya pada Syeikh Mahmud al-Ghurab: "njenengan mengetahui bahwa maqam kewalian Syeikh Ahmad Harun adalah al-Amin dari mana Syeikh?".
"Saya tahu saat ada banjir bandang melanda kemudian saya diminta oleh Syeikh Ahmad Harun menyampaikan secarik kertas untuk saya sampaikan ke banjir bandang tsb. Saat sy baca surat dalam secarik kertas itu, saya lihat توقيع (ttd) beliau tertulis; من عبد الله الفقير؛ عبد العالي. Dari situ saya paham kenapa tidak tertulis الفقير؛ أحمد هارون, sebab beliau seorang al-Amin. Ini terbukti saat sy tenggelamkan surat itu ke air, mendadak air banjir bandang itu berangsur surut".
رب فانفعنا ببركته واهدنا الحسنى برحمته وأمتنا في طريقه ومعافة من الفتن
والله أعلم بالصواب
Posting Komentar untuk "Dzikir Khawjakan"