naqsabandiyah


    Adalah menjadi kebiasaan Masyayikh Naqsyabandi adalah meminta salah satu Murid/Salik membaca Qur'an dan Kitab untuk diperdengarkan bersama-sama. Di antara kegemaran Sidna Syeikh al-Qutb Najmuddin Muhammad Amin al-Kurdi qs. adalah memperdengarkan Muridnya membaca "Mukhtasor Sahih Bukhari" milik Syeikh Abi Jamroh al-Maliki. 

    Saat membaca suatu Hadis, si Murid yg lagi membaca kitab tsb. juga membaca ibarah dalam Kitab tsb., namun oleh Sidna Syeikh Najmuddin qs. dikomentari: "seingat saya, Syeikh Abi Jamroh tidak mengatakan itu". Murid yg membaca itu pun meyakinkan Syeikh dan menunjukkan bahwa cetakan Kitab ada ibarah tsb.

    Maka Sidna Syeikh Najmuddin qs. berkata: "kalau demikian, ayo esok kita ziarah ke makam Syeikh Abi Jamroh dan bertanya pada beliau". Makam Syeikh Abi Jamroh dekat dengan tempat Masjid-Makam Syeikh Ibnu Athaillah al-Sakandari atau tepatnya arah utara dekat Khalwat Sidtina Nafisah as.

    Beberapa Murid dan Sidna Syeikh Najmuddin qs. berangkat ke makam menziarahi Syeikh Abi Jamroh. Setelah menyampaikan salam, al-Fatihah, al-Ikhlas dan Ayat Kursi dst. Sidna Syeikh Najmuddin qs. berdiam beberapa saat kemudian bertanya: "wahai tuanku, apakah benar anda mengatakan ini dalam Mukhtasor anda?". Terdengar suara menjawab; "tidak, sungguh saya tidak mengatakan itu dalam kitabku, fulan bin fulan menambahkan itu dalam cetakan Kitabku". Momen demikian terdengar oleh semua Murid yg ikut berziarah, namun mereka tidak mampu berucap-berkomentar.

    Kuatnya Basyiroh seseorang akan mampu membuatnya berkomunikasi dg lintas dimensi. Sebagaimana Sidna Syeikh Abul Hasan al-Kharqani qs. yg berbaiat dan mendapat tarbiyah langsung oleh Sidna Syeikh Abu Yazid al-Busthomi ra. di makam beliau kota Bustom.

Sebagian faedah dars kemarin malam
 

Posting Komentar untuk "naqsabandiyah"